You are currently viewing Manasik Haji dan Umroh SDIT Persis Tarogong TA. 2023-2024

Manasik Haji dan Umroh SDIT Persis Tarogong TA. 2023-2024

Garut – SDIT Persis Tarogong telah melaksanakan Manasik Haji dan Umroh Kelas 3 dan 6 pada hari Sabtu tanggal 29 September 2023 dengan mengusung tema ” Dengan Manasik Haji, Membersihkan Hati Menjadi Baik, Membentuk Akhlak Menjadi Terpuji”.

Iyus Susanto, M.Pd. Kepala SDIT Persis Tarogong menyatakan bahwa kegiatan tahunan ini dilaksanakan dalam rangka edukasi santri dalam memahami prosesi pelaksanaan haji dan umroh.
Kegiatan manasik haji dan umroh dapat menjadi bagian dari pendidikan agama Islam yang menyeluruh. Ini membantu siswa memahami tata cara ibadah haji dan umroh, serta pentingnya pengabdian kepada Allah. Peningkatan Pemahaman: Siswa SD masih dalam tahap pembelajaran awal tentang agama Islam. Manasik haji dan umroh dapat membantu mereka memahami konsep, makna, dan pentingnya ibadah ini dengan cara yang lebih konkret. Kegiatan ini juga mempersiapkan mental, dengan mengikuti manasik haji dan umroh dapat membantu siswa mengembangkan mental dan kesabaran yang diperlukan untuk menunaikan ibadah tersebut saat dewasa nanti. Ini juga dapat membantu mereka memahami bahwa ibadah haji dan umroh memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang. Manasik juga memberi makna menghormati Nilai-nilai Kepemimpinan: Kegiatan seperti ini dapat membantu siswa memahami nilai-nilai kepemimpinan dalam Islam, seperti sikap tawadhu’ (rendah hati) dan pelayanan kepada sesama. Mereka dapat belajar bagaimana memimpin dan membantu teman-teman mereka dalam perjalanan spiritual ini.
Hal yang tak kalah penting dari makna manasik haji dan umroh di SDIT Persis tarogong ini adalah meningkatkan Kecintaan kepada Allah: Kegiatan manasik haji dan umroh dapat memperkuat cinta dan kecintaan siswa kepada Allah serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya beribadah. Ini juga dapat membantu mereka merasakan kedekatan spiritual dengan Allah.
Aspek Pendidikan Toleransi dan Kepedulian dalam Manasik haji dan umroh juga sangat kental dapat mengajarkan kepada siswa nilai-nilai toleransi, penghargaan terhadap keragaman budaya, dan kepedulian terhadap orang lain. Mereka dapat belajar bahwa umat Islam berasal dari berbagai latar belakang budaya dan sosial, namun bersatu dalam ibadah kepada Allah. Mengenal lebih dekat tentang haji dan umroh bisa menjadi inspirasi bagi siswa. Mereka dapat mengembangkan hasrat untuk beribadah lebih baik dan mengejar impian mereka untuk menunaikan haji dan umroh ketika mereka dewasa. Pemahaman Lebih Mendalam tentang Budaya Islam: Manasik haji dan umroh bukan hanya tentang ibadah, tetapi juga tentang budaya Islam. Kegiatan ini dapat membantu siswa memahami dan menghargai aspek-aspek budaya Islam yang kaya.
Dengan alasan-alasan ini, mengadakan kegiatan manasik haji dan umroh untuk santri SDIT persis tarogong dapat memberikan manfaat besar dalam pendidikan agama, pengembangan karakter, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang Islam.

#humassditpersistarogong

Leave a Reply


Warning: Undefined variable $user_identity in /home/u1489582/public_html/wp-content/themes/oceanwp/comments.php on line 41

Tinggalkan Balasan